Rangkuman buku " Manusia langit manusia bumi" oleh Dr. A'idh Al-Qarni, M.A

JUDUL : MANUSIA LANGIT MANUSIA BUMI
PENULIS : DR.AIDH AL-QORNI,M.A.

BAB 1 - DIALOG DILANGIT
            Pelajaran dari kisah penciptaan langit dan bumi
Tafsir al-baqarah : 29
Apakah Allah menciptakan bumi sebelum penciptaan langit ? atau sebaliknya ?
-          Q.S Fussilat : 11
-          Q.San-naziat : 27 & 30
-          Q.A Thalaq : 12
Menanggapi beberapa ayat diatas,sang tinta umat dan penerjemah al-quran,Abdullah Bin Abbas telah menjawab pertayaan ini. Dia berkata,” sesungguhnya Allah menciptakan bumi lalu ia berkehendak menuju langit,lalu dia menghamparkan bumi. penciptaan bumi ini memakan waktu selama dua hari dan penciptaan langit selama empat hari,dan semuanya menjadi enam hari ”.
T         Tafsir Al-baqarah : 30
Apa     maksud kata “ khalifah ” pada ayat ini ?
            Ada yang mengatakan,” maksudnya adalah Adam”
            Namun pendapat yang benar adalah  “ kaum yang berkuasa terhadap suatu kaum” dan pendapat inilah yang diunggulkan oleh ibnu katsir,sebagaimana firman Allah Q.S al-anam : 165.
           
            Ada beberapa tujuan penciptaan khalifah untuk mendiami bumi ini :
1.      Untuk memakmurkan bumi
Q.S hud : 61
2.  Supaya dari keturunan manusia ini lahir para nabi dan rasul,syuhada,ulama dan orang yang berpuasa dan mendirikan shalat.
3.  Allah hendak mengujinya
      Q.s al-Insan : 2
4.  Allah hendak menampakkan kekuasaannya dan alam semesta ini
5.  Allah hendak memperlihatkan ampunan-nya dan juga menampakkan siksaannya yang sangat pedih.
      Jika manusia melakukan ketaatan dan kepatuhan,dia akan sampai pada derajat yang lebih mulia daripada malaikat,dan jika ia durhaka,dia berada pada tempat yang paling hina dan rendah,bahkan lebih hina daripada binatang.

Bagaimana para malaikat bisa menentang perintah Allah pada ayat ini ?
                  Bagaimana mungkin,padahal Allah telah berfirman dalam Q.S At-tahrim : 6.
                  Sebenarnya ini bukan penolakan atau menentang,karena mereka hanya menginginkan supaya Allahmenampakkan hikmahnya kepada mereka.
                  Kemudian ,mengapa para malaikat berkata “ Orang yang akan berbuat kerusakan didlamnya ? ” apa sebenarnya alasan mereka kalau memang kerusakan akan terjadi ?
                  Sebagian ulama berkata “ Sesungguhnya bangsa jin telah memakmurkan bumi selama beberapa masa. lalu mereka saling berbunuh-bunuhan dab berbuat keruakan dibumi. Maka para malaikat juga mengira kalau adam akan serupa dengan jin itu ”
                  Allah berfirman “ padahal kami senantiasa bertasbih dan memujimu dan mensucikanmu”
                  Seakan-akan mereka mengatakan “ kami lebih mulia dan lebih baik daripada mereka,karena kami selalu bertasbih dan mensucikan Allah”
                  Allah brfirman “ Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui’
                  Maksudnya,aku mengetahi hikmah yang kalian tidak mengetauinya,aku mengetahui rahasia yang tidak kalian pahami,da aku mengetahui tujuan yang belum mampu kalian jajahi ”

Tafsir Q.S Al-Baqarah : 31
                  Allah hendak menjadikan sebuah keistimewaan kepada Adam,maka dia mengajarinya. Abdullah bIn Abbas berkata “ Allah mengajarkan kepadanya nama-nama dari segala sesuatu”. Karena seorang khalifah harus mempunyai ilmu dan pengetahuan yang memadai.
                  Allah berfirman “ Kemudian mengemukakannya kepada para malaikat”
                  Allah mendatangkan berbagai jenis hewan dan benda lainnya,lalu Allah berfirman kepada malaikat “ apakah naman dari semua itu ? ”
                  Para malaikat terdiam,lalu berkata “ Kami tidk tahu,Allah yang maha mengetahuinya”
                  Maka Allah berfirman “ sebutkanlah nama-nama benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar”
                  Maksudnya,jika kamu memang benar-benar lebih layakb untuk menjadi khaalifah dimuka bumi dan lebih pantas untuk mendiami daripada Adam.

Tafsir Q.S Al-Baqarah : 32
                  Allah berfirman “ Tidak ada kami ketahui selain daripada apa yang telah engkau ajarkan kepada kami ”
                  Ini merupakan adab seorang penuntut ilmu. hendaknya dia mengatak  seperti itu. Hendak pula seorang penuntut ilmu tidak ceroboh dalam berfatwa tanpa dasar ilmu,karena yang demikian adalah keliru,dan akan menyebabkan mereka menderita kehinaan serta terhalang dari ilmu yang hanya Allah saja yang mengetahuinya. Ilmu tanpa hikmah akan menghasilkan kekacauan,hikmah tanpa ilmu adalah kebodohan. Dan pada dasarnya manusia mengumpulkan dua tabiat ini dalam dirinya,sangat zalim dan sangat bodoh!
                  Ibnu taimiyah berkata, “ sangat zalim,artinya dia memberikan hukum atau aturan tanpa keadilan,dan sangat bodoh artinya,dia memberikan aturan tanpa dasar ilmu”

Tafsir Q.S Al-Baqarah : 33
-          Q.S Rum : 7
-          Q.S An-naml : 66
Pada ayat ini terdapat penjelasan tentang keutamaan ilmu. Untuk meraih ilmu ada beberapa sarana yang harus terpenuhi,tidak cukup hanya dengan membaca al-quran,tidak cukup hanya dengan duduk bersama ulama,dan tidak cukup hanya dengan menghadiri majelis. Akan tetapi semuanya harus digabungkan tadabbur ( perenumgan ),menghafal.






BAB 2 – YANG PERTAMA DAN MULA-MULA
            Pelajaran dari kisah penciptaan nabi adam
            Tafsir Q.S Al-Baqarah : 34
Apa maksud dari sujud yang diinginkan Allah dari malaikat ini ? apakah sujud diperbolehkan kepada selain Allah ?
            Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa Muadz bin jabal datang dari negeri syam,lalu          ia berkata “ wahai Rasulullah,saya melihat orang-orang  asing ( selain arab ) bersujud   kepada raja-raja mereka,dan kami lebih baik bersujud kepada anda”
            Maka Rasulullah bersabda “ kalau sekiranya aku diperbolehkan untuk memerintahkan        sesorang bersujud kepada orang lain,niscaya aku akan suruh seorang istri untuk            bersujud kepada suaminya,karena betapa besarnya hak suami terhadap istrinya,akan     tetapi sujud hanya kepada Allah ” ( H.R ahmad no.18913 dan H.R Ibnu Majah no.            1853,dari Abdullah  Abi Auf )
            Sujud hanyalah kepada Allah. Adapun sujud yang dilakukan oleh para malaikat     kepada Adam hanyalah sujud penghormatan. Setiap kali anda meletakkan kening     diatas tanah,setiap kali itu pula Allah meninggikan derajat anda.

Apakah sujud dipermukaan bumi yang diperintahkan Allah kepada malaikat untuk adam serupa dengan sujud yang kita lakukan ketika shalat ?
            Ada 2 pendapat dari para ulama,pertama mengatakan bahwa maksud sujud disini (            sujud malaikat ) adalah merunduk dan menunduk,yaitu merundukkan dan    merendahkan kepalanya. pendapat yang kedua mengatakan bahwa yang dimaksud    sujud disini adalah sujud kebumi. Jadi pada hakekatnya bersujud kepada Allah juga.    Akan tetapi disini sebagai penghormatan kepada Adam  dan dalam rangka memenuhi        perintah Allah.
            Pendapat yang kedua adalah pendapat yang paling benar,karena sujud pada syariat umat sebelum kita merupakan bentuk penghormatan sebagaimana firman Allah yang menerangkan kisah nabi Yusuf ( Q.S Yusuf ; 100 ).

Siapakah yang lebih baik dan lebih mulia,malaikat ataukah manusia ?
            Sebagian ulama berpendapat bahwa para malaikat lebih mulia dan lebih baik daripada manusia,karena mereka lebih dekat kepada Allah dan Allah juga telah meninggikan kedudukan serta derajat mereka. Disamping itu Allah juga tidak menjadikan syahwat ada pada diri mereka,mereka hanya memiliki akal ,sementara manusia memilika syahwat dan akal,sedangkan binatang memiliki syahwat dan tidak memiliki akal. Dan diantara keutamaan malaikat yang lain mereka senantiasa bertasbih siang dan malam dan tidak pernah merasa letih dan jemu.
Namun ada juga yang berpendapat bahwa manusia lebih baik dan lebih mulia daripada malaikat,karena mereka dibelkali  dengan syahwat yang mesti mereka lawan dan perangi,yaitu merekalah orang-orang yang salih. Sedangkan orang kafir ,mereka tidak lebih baik daripada keledai,babi dan anjing! ( Q.S Al-Furqan : 44 )
Sedangkan di dunia,para malaikat lebih mulia dan lebih baik,karena mereka lebih dekat dengan Allah,tidsk penah berbuat salah dan dosa,dan juga tidak pernah berbuat maksiat. Sementara kalau dibumi,ketika manusia mendekatkan diri kepada Allah hingga akhirnya masuk surga,maka manuisa lebih baik dan lebih mulia daripada malaikat.

Bagaimana Adam diciptakan ?
            Allah menciptakan Adam dari tanah liat yang lengket,dari tanah hitam yang bercampur-campur ( busuk ). Para ahli tafsir berkata “ tanah hitam disini maksudnya adalah abu-abu,dan maksud dari tanah liat yang lengket adalah tanah liat yang melengket seperti lem ”.
Ketika Allah menciptakan adam,dia membiarkannya dalam wujud tanah liat selama 40 hari,lalu angin masuk dari mulutnya dan keluar dari duburnya.
Sebagian ahli tafsir berkata,ketika Allah mencipakan Adam,dia membiarkannya dalam keadaan tanah liat selama 40 hari. Suatu ketika,setan lewat dan memperhatikannya dari tanah liat yang kering,lalu dia meniupnya hingga membuat Adam guncang. Dari sinilah setan mengetahui kalau Adam adalah makhluk yang lemah.  ( Q.S An-Nisa : 28 )
 Tatkala Allah meniupkan ruh nya kepada Adam dan ini merupakan sebuah kemuliaan,maka Allah memerintahkan para malaikat untuk menghormatinya dab berfirman “ Bersujudlah kalian kepada Adam ”.

Mengapa Allah memerintahkan para malaikat bersujud kepada Adam ?
            Pertama,karena Allah hendak menguji mereka dengan suatu ketaatan,apakah mereka menaatinya atau tidak
            Kedua,karena Allah melihat bahwa ada malaikat yang bermaksiat kepadanya
Ketiga,karena para malaikat melihat keutamaan dan kemuliaan pada diri Adam,mereka semua berdiri dan bersujud kepadanya,kecuali iblis. Dia enggan bersujud dan sombong.

Mengapa iblis bersikap sombong ?
            Abdullah bin abbas berkata, ” Iblis adalah malaikat yang paling alim,akan tetapi ilmunya  tidak memberikan manfaat kepadanya. Dia bersikap angkuh,sombong dan bangga terhadap dirinya sendiri ”
Dalam riwayat yang lain,sebagaimana yang dinukil ibnu katsir danlainnya,Ibnu Abbas berkata “ iblis adalah raja dilangit dunia,dia bertanggung jawab terhadap langit dunia,tetapi ketika Allah berfirman kepada segenap malaikat  ‘ bersujudlah kepada Adam,di’ dia enggan dan menentang ”
Iblis berkata kepada Allah yang menciptakan langit dan bumi serta yang mengetahui apa yang ada dibumi, “ Engkau menciptakanku dari api,sementara engkau menciptakannya dari tanah liat,apakah aku harus bersujud padahal unsur penciptaanku lebih muia dan lebih baik ? Jelas bahwa api lebih baik daripada tanah liat,dan bagaimana mungkin api bersujud kepada tanah liat ? ”
Ucapan inilah awal kehinaan,permulaan laknat dan kutukan,serta awal mula pencegahan dari rahmat Allah,penetangan ib,is ini suatu kesombongan.
Allah berfirman dalam Q.S Al-baqarah : 34,pada ayat ini tidak hanya disebutkan “ Dia enggan ”,akan tetapi juga diikuti dengan kalimat ...” dan bersikap sombong ”
Oleh sebab itu,rukun kufur ada tiga : (1) Hasad/benci; (2) Sombong; (3) Dusta
Sifat sombong adalah motto iblis,diantara ciri-ciri orang yang sombong adalah :
1.      Tidak pernah mengambil manfaat dari orang lain
2.      Tidak meihat keutamaan dan kebaikan orang lain
3.      Tidak tunduk kepada kebenaran,meskipun dia mengetahuinya
Dan orang yang bersifat sombong ini diketahui dari gaya bicara,berjalan,dehem dan batuknya.
Tafsir Q.S Al-Baqarah : 35
            Para ahli tafsir berkata, “ Adam merasakan keterasingan,karena dia tidak ditemani oleh seorang pun,maka dia duduk termenung seorang diri. Lalu dia menoleh,kalau saja ada orang yang bersedia duduk-duduk bersamanya,akan tetapi siapakah yang akan duduk bersamanya ? ”
Ketika Adam merasakan keterasingan  dirinya,Allah menidurkannya.dan Allah mengambil hawa dari tulang rusuknya yang sebelah kiri. Setelah terbangun dari tidurnya,ia menoleh Hawa,lalu dia mengetahui bahwa dia adalah istrinya dan hingga ia merasa nyaman dan tenteram berada disisinya. Allah berfirman dalam( Q.S Ar-Rum : 21 )
Apakah yang dimaksud dengan pohon larangan ?
Para ulama berbeda pendapat dalam menentukannya,ada toga pendapat dalam hal ini :
Pertama,pohon itu adalah bulir atau mayang
Kedua,pohon itu adalah anggur
Ketiga,pohon itu adalah At-Tin
Ibnu Jarir Ath-thabrani berkata, “ sesungguhnya Allah tidak menentukan nama da jenis pohonnya,dan dia juga tidak menamakannya untuk kita,dan dalam Al-quran dan As-sunnah tidak pernah mmebicarakan nama dan jenisnya,lalu mengapa kita membahasnya ? ”
Bagaimana iblis bisa masuk surga menggoda Adam ?
Dalam hal ini,ada tiga pendapat dikalangan para ulama :
Pertama, bahwa iblis telah terusir dan tersingkirkan. Akan tetapi dia masuk kedalam surga hanya untuk menggoda,dan dia tidak dapat brsenang-senang karena telah diusir dari rahmat Allah. Jadi Allah tetap membuat iblis bisa pergi kesurga. Iblis meminta tenggang waktu untuk menggoda Adam dan anak cucunya,dan hanya sedikit yang tergoda,dan Allah pun memberikan tenggang waktu.
Kedua,bahwa ada ular yang sangat besar dan berkilauan mengambil dan menelan iblis,lalu ular ini masuk kedalam surga.
Ketiga,bahwa iblis menggoda mereka dari kejauhan. Dia tidak masuk kedalam surga,akan tetapi dia terus menggoda.
Dan pendapat yang paling unggul dalam hal ini adalah pendapat pertama.
-          Q.S Al-Araf : 20
-          Q.S Thaha : 123
Para ulama menukil dari Abdulah bin Abbas,bahwa dia berkata “ adapun Aadan turun di india dan tangannya memegang ranting pohon,sedangkan hawa turun di Jeddah ”. sementara ulama yang lain menukilkan bahwa Adam turun di shafa,Hawa turun di Marwah. 


BAB 3 – BUJUK RAYU SETAN
            Pelajaran dari kisah turunnya Adam dan Hawa ke Bumi
B         Bagaimana menghindari bujuk rayu setan ?
Ada dua cara :
Pertama,senantiasa melakukan wudhu
Kedua,sennatiasa berdzikir kepada Allah,khusunya dengan membaca
1.      Ayat kursi,yang dapat membakar setan
2.      Surah Al-falaq,Al-ikhlas,An-nas
3.      Membaca kalimat tauhid
4.      Membaca kalimat, La ilaha illallahu wahdahu la syarikalah,lauhul mulku walahul hamdu,wahuwa ala kulli syaiin qadir sebanyak 100 kali
Tafsir Q.S Al-baqarah : 36
-          Q.S Al-Kahfi : 50
-          Q. S al-Furqan : 31
-          Q. S Al-Baqarah : 251
-          Q. S Al-Imran : 134
-          Q. S Al-araf : 199
-          Q.S Fusshilat : 34
-          Q. S Qaf : 19-21
            Tafsir Q.S al-Baqarah : 37
Nabi adam melakukan dosa dan kesalahan,lalu dia diturunkan. Lalu Allah memerintahkan beberapa kalimat yang harus dikatakan agar Allah menerima taubatnya.
-          Q. S Al-Qashas : 16
-          Q. S Al-Araf : 23
Para ulama berkata bahwa maksud dari “ beberapa kalimat” ada beberapa pendapat. Semuanya masuk dalam hitungan permintaan ampunan kepada Allah.
Tafsi    Tafsirr Q.S Al-baqarah : 38
Siap     Apa saja yang diperintahkan turun ?
Ada yang mengatakan Adam dan hawa,ada juga yang mengatakan ular dan setan juga ikut turun bersamanya.
Allah berfirman “ kemudian jika petunjuku datang kepadamu”
Yang dimaksud petunjuk disini adalah agama Allah yang disampaikan oleh para rasulnya.
Apa     Apa perbedaan antara rasa takut dan bersedih hati ?
Rasa takut terjadi terhadap suatu perkara yang akan datang,sementara bersedih hati terjadi terhadap sesuatu yang telah berlalu.
-          Q. S Thahah : 123-126
-          Q. S Yasin : 70
-          Q. S Al-Anam : 122
-          Q. S Al-Anam : 94
B          BAB 4 – BERIMAN SETELAH TENGGELAM
            Pelajaran dri kisah Fir’aun dan para pengikutnya
-          Q.S Al-Baqarah : 49-52
Taf       Tafsir Q.S Thahah : 25-37
           






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Life is choice